ENGLISH     BAHASA INDONESIA
 
 
 
 
 

Peluang Investasi

 

DAERAH INVESTASI

 
 
 
LINK TERKAIT

     

 
KONTAK

      Direktorat Pengembangan Potensi Daerah BKPM
      Jl. Gatot Subroto 44
      Jakarta Selatan
      DKI Jakarta
      Indonesia, 12190
      Tel: +62 21 5255284


 
 
IN COLLABORATION WITH PROVINCES OF INDONESIA :

Sun, 21 Dec 2014



FEED NEWS    BERITA TERBARU
 

Sejuknya Batutumonga Toraja Utara, Sulawesi Selatan 

(Berita Daerah – Sulawesi) Saat berkunjung ke Tana Toraja, kita dapat mengunjungi objek wisata seperti rumah adat, tongkonan  dan kubur batu. Tempat ini adalah salah satu objek wisata yang patut dikunjungi karena sangat menyenangkan sebab udara di sini sejuk dan dingin.  Dari puncak gunungnya, kita dapat memandang keindahan Tana Roraja secara keseluruhan.  Tempat ini sering disebut Batutumonga,  yang terletak di ketinggian sekitar 2100 M dari permukaan laut.

Saat berada di atas bukit, kita dapat memandang pengunungan, persawahan dan  lembah yang luas, disini kita menikmati suasana yang tenang dan sejuk. Dan sudah ada disini, tidak henti hentinya kita memandang kepada Ciptaan yang Maha Kuasa. Betapa menyenangkan ada di tempat ini.

batumobango lain

Batutumonga berada di sisi barat Gunung Sesean,  di daerah Rantepao.  Perjalanan yang dilalui berliku-liku, serta tikungan yang tajam, wah kalau untuk para petualangan, tempat ini sangatlah menarik, selain penuh tantangan,  orang akan penasaran,  karna dibalik bukit tersembunyi pemandangan alam yang cantik, seperti  di Bali yang dikenal dengan sawah bersusun-susun. Hawa dingin menyelimuti gunung Sesean ini membuat para pengunjung menyenangi tempat ini.  Dari sini kita bisa melihat Kota Rantepao dan gunung serta bukit yang mengelilingi  Tana Toraja.

 

Penginapan

Perjalanan menuju Batutumonga dapat ditempuh dengan kendaraan baik mobil atau motor, waktu yang ditempuh apabila menggunakan motor hanya 45 menit  dari kota Rantepao, tetapi jikalau menggunakan mobil,  diperlukan waktu  sekitar 1 jam 30 menit. Kita bisa sewa mobil travel (kijang) atau bus. Harga sewa kendaraan beragam yaitu mulai dari Rp. 60 ribu- 100 ribu/per orang.

Jangan khawatir bagi pengunjung yang ingin bermalam di Batutumonga sudah tersedia Vila atau penginapan-penginapan yang ada disana, biasanya kalau mereka yang datang, akan menikmati lebih dari satu hari.  Harga masih terjangkau untuk biaya sewa hotel per malam yakni di range 100 ribu  sampai dengan 300 ribu tergantung dari kelas dari tempat penginapan itu sendiri.

Pemerintah Setempat  sudah mengelola objek wisata dengan baik,  dengan berbagai fasilitas, dan pembangunan infrastruktur yang memadai sehingga wisatawan yang datang, dapat menikmati objek wisata ini,  selain villa di atas bukit, tetapi tersedia pula restoran yang baik, dengan menu lokal maupun menu western supaya pengunjung dapat menikmati sekaligus baik wisata alam dan kulinernya

Tidak perlu khawatir dan takut kalau tersesat  karena dipermudah dengan petunjuk jalan yang ada di sepanjang perjalanan dan masyarakat yang ramah dapat juga ditanya, ada pula guide lokal yang bersedia untuk menemani kesana dengan tarif  yang dapat disesuaikan, asal tidak takut untuk menawarnya.

Di waktu liburan,  misalkan ketika libur sekolah atau libur akhir tahun, lokasi  Batutomonga menjadi  tempat liburan yang menyenangkan bersama keluarga maupun dengan teman-teman.  Selamat berlibur.

Andri Thio/Jurnalis/VM/BD
Editor : Lenny Ambarita

 

The post Sejuknya Batutumonga Toraja Utara, Sulawesi Selatan appeared first on Berita Daerah.

Berkembangnya Pasar Tradisional di Sukawati, Bali 

(Berita Daerah – Balnustra) Pasar Tradisional merupakan salah satu tempat yang ramai dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Dan tempat ini sangatlah diminati oleh semua orang, tidak memandang dari segi ekonomi ataupun jenjang pendidikan, karena barang barang yang disajikan merupakan hasil kreasi seni atau karya dari masyarakat  itu sendiri.

Bali, yang terkenal dengan Pasar Sukawati, dimana banyak kita temui barang barang seni khas yang didesain oleh pengrajin, dengan berbagai jenis, semuanya ada di Pasar ini. Hampir di setiap kota yang ada di Indonesia, pastinya memiliki pasar seni seperti Pasar Sukawati, dengan jenis yang dijual tetap sama namun yang berbeda adalah seni yang dituangkan di barang itulah yang memiliki khas tersendiri.

Setiap kali saya pergi ke Kota yang ada di Indonesia, biasanya setelah training atau kelas bimbingan teknis berakhir, pasti kita akan cari tempat untuk kita dapat belanja. Tidak perlu khawatir, pastinya Pasar Seni atau Pasar Tradisional ada di beberapa titik lokasi. Beberapa waktu yang lalu, saya dan teman teman dari Lampung Selatan dan Tulung Agung merencanakan kunjungan ke beberapa tempat wisata, salah satu yang tidak kami ingin lewatkan adalah kunjungan ke Pasar Seni atau Sukawati di daerah Gianyar.

Letak Pasar Sukawati berada di Jalan Raya Sukawati, Batubulan – Sukawati, Gianyar, Bali. Kurang lebih 30 km dari wilayak Kuta, yaitu sekitar 90 menit perjalanan yang ditempuh jika dari Bandara Ngurah Rai, Bali

IMG_9892

Kami berangkat dari hotel jam 09.00 pagi, supaya ada waktu yang banyak di Pasar Sukawati, kira kira jam 10.15, kami sudah tiba di lokasi,  segera kami hunting kios-kios yang ada. Barang barang yang dijual mulai dari pakaian, kerajinan tradisional khas Bali, celana, kaos, kemeja, pakaian santai dengan corak batik ornament Bali, saya juga lihat berbagai macam jenis lukisan, dengan desain gambar yang bermacam-macam, unik juga karna lukisannya naturalis atau abstrak. Lukisan itu ada yang dibingkai ataupun tanpa bingkai, semua tergantung dengan pesanan. Saya tidak membelinya, padahal saya suka karya seni apalagi lukisan.

Disana ada juga pernak pernik beraneka ragam, tas rajutan, sandal santai,  baju oblong, gantungan kunci,  kain Bali yang sering dipakai orang untuk ke Pantai, Batik Khas Bali. Jenis barang barangnya, dapat dipakai untuk konsumsi sendiri ataupun oleh-oleh buat keluarga, ataupun kerabat.

Saya sangat puas memperhatikan detail dari barang barang yang dijajakan.  Berbagai jenis patung yang dibuat dari kayu, gantungan kunci dengan tulisan Bali,  juga dijajakan snack ringan seperti kacang, kue sagoon, dan lainnya yang dijadikan oleh oleh buat keluarga ataupun teman teman kantor.

Saya suka sekali di tempat ini, saya menikmatinya, memasuki kios satu ke kios lainnya, kemudian respon  pedagang yang ramah,  budaya santun  mereka membuat kita mudah berkomunikasi dengan mereka, kita tidak perlu takut saat ingin menawar harganya, tempatnya yang bersih, dan area parkir yang sangat luas.

Harga barang barangnya tidak mahal, di mulai dari harga 10.000 ke atas, kita harus pandai pandai dan tidak ragu ragu untuk menawar, supaya kita mendapatkan harga yang terbaik.

Dalam satu percakapan saya dengan salah satu pedagang, ternyata mereka sendiri punya patokan harga yang diberikan ke domestic dan asing, bahkan ke domestic saja, kalau kita adalah mahasiswa, maka harga yang ditawarkan adalah harga yang sangat terjangkau.

Tidak puasa rasanya hanya beberapa jam, rasanya ingin kembali lagi, jikalau nanti akan kembali. Sudah terpikir di benakku bahwa akan membeli barang barang apalagi. Harga di Pasar Sukawati jauh lebih murah dibandingkan pasar lainnya yang ada di Bali, saya sudah bandingkan juga dengan Pasar yang saya kunjungi di Ubud.

Memang pantas Pasar Sukawati adalah Surga Belanja di Pulau Bali. Pasar Sukawati memiliki 3 (tiga) tempat, yaitu Sukawati 1, Sukawati 2, dan Sukawati  3. Memang Pasar Sukawati 1 yang paling lama berdiri dan paling ramai. Letak dari masing masing pasar tidak berjauhan, tetapi berdekatan, sehingga kita tidak sulit untuk mendatanginya. Pasar Sukawati buka mulai jam 8 pagi dan tutup di jam 18.00 WITA. Setiap hari pasar ini beroperasi kecuali hari raya Nyepi atau Galungan. Tempat ini cocok sekali untuk menjadi Pasar Cinderamata Khas Bali.

Jadi, saat kita berlibur di suatu tempat, jangan lupa untuk mengunjungi juga Pasar Tradisional terdekat, dan pastikan kita membawa oleh oleh, walaupun barang yang ditawarkan sama, tetapi karya seni yang dituang di barang itu berbeda jenis.

Lea/Jurnalis/VM/BD
Editor : Lenny Ambarita

The post Berkembangnya Pasar Tradisional di Sukawati, Bali appeared first on Berita Daerah.

Budaya membaca di MI Cokroaminoto 

(Berita Daerah – Kuningan) Siswa – siswi MI Cokroaminoto tampak serius membaca buku di halaman sekolah Sabtu (20/12).  Sekolah yang terletak di Jalan Djuanda Kuningan ini menjadi mitra Program USAID PRIORITAS yang menerapkan program budaya membaca. Kegiatan membaca ini mendorong siswa untuk aktif menulis, membaca dan menulis

The post Budaya membaca di MI Cokroaminoto appeared first on Berita Daerah.

Sketsa Pelaku Bom Marathon Boston Dzhokhar Tsarnaev 

(Berita Daerah – Massachusetts) Terdakwa pelaku bom Marathon Boston Dzhokhar Tsarnaev terlihat dalam sketsa ruang sidang saat sidang pra-peradilan di pengadilan federal, Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, Kamis (18/12). Dalam sidang pertamanya, terduga pelaku bom Marathon Boston mengatakan kepada hakim bahwa ia puas dengan persiapan pengacaranya untuk menghadapi sidangnya Januari mendatang.

(ea/EA/bd-ant)

The post Sketsa Pelaku Bom Marathon Boston Dzhokhar Tsarnaev appeared first on Berita Daerah.

Penjaga Pantai Mengikuti Pelatihan Suar di Pulau Plum 

(Berita Daerah – Amerika Serikat) Penjaga Pantai mengikuti pelatihan suar di Pulau Plum, Massachussetts, Amerika Serikat, Senin (15/12)

(ea/EA/bd-ant)

The post Penjaga Pantai Mengikuti Pelatihan Suar di Pulau Plum appeared first on Berita Daerah.


 
Perhutani Bangun Pabrik Sagu di Kabupaten Sorong Selatan (2014-09-08)

(Berita Daerah – Papua) Pada bulan Maret 2015 Perum Perhutani dapat mengoperasikan pabrik sagu di Distrik Kais yang berada di Kabupaten Sorong Selatan, Papua. Pabrik sagu tersebut akan memiliki kapasitas produksi sebesar 30.000 ton sagu per tahun

Selengkapnya
 
Sumut Menjadi Daya Tarik Investor Asing (2014-09-04)

(Berita Daerah – Nasional) Pertumbuhan investasi di Provisi Sumatera Utara pada triwulan II-2014 mengalami peningkatan sebesar 4,4 persen dibandingkan pada triwulan I-2014 yang mencapai sebesar 3,9 persen. Kondisi ini membuat sejumlah investor Tiongkok, Malaysia dan Saudi Arabia berani untuk menanamkan modalnya untuk berinvestasi di Sumut, investasi yang menjadi daya tarik negara asing menanamkan modalnya di Sumut salah satunya di sektor jasa perdagangan

Selengkapnya
 
Peluang Ekspor Kopi Indonesia (2014-08-18)

(Berita Daerah – Nasional) Salah satu komoditas yang dapat menjadi unggulan ekspor Indonesia adalah kopi, dapat dilihat dari besarnya minat masyarakat mancanegara terhadap kopi asal Indonesia yang dinilai memiliki beragam jenis dengan ciri khas rasa yang berbeda. Potensi inilah yang ingin dikembangkan oleh pemerintah Indonesia agar dapat “menduniakan” kopi asli Indonesia.

Selengkapnya
 
Investasi di Aceh Aman (2014-07-25)

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI, Budiman, dan Gubernur Aceh, Zaini Abdullah, memberi jaminan bahwa Aceh sangat aman untuk investasi. Pemilu legislatif yang berlangsung 9 April lalu berjalan sukses tanpa sedikitpun terjadi gangguan keamanan. Angka kriminal di Aceh juga terhitung rendah secara nasional.

Selengkapnya
 
Gubernur Mengajak Pengusaha Malaysia Garap Potensi Aceh (2014-07-24)

Kita mengajak investor Malaysia untuk memanfaatkan kesempatan ini sehingga peluang bisnis yang ada di Aceh ini dapat kita garap bersama.

Selengkapnya
 


 
 

PERIHAL | DAFTAR TANYA JAWAB | BUKU TAMU | KONTAK KAMI
© 2013 by Indonesian Investment Coordinating Board. All rights reserved